Selasa, 17 November 2015

Sejarah Desa Tarokan

Setiap Desa atau daerah pasti mempunyai sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencerminan khas tertentu dari suatu daerah.
Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo di apit oleh sungai yang membentang dari timur ke barat dan sungai yang membentang dari selatan ke utara yang menjadi faktor pertumbuhan Pertanian di Desa Tarokan yang mana tanah untuk lahan pertanian sangat subur dan baik. di samping itu letaknya yang sangat stategis dimana jalan di Desa Tarokan menjadi penghubung antara Desa Tarokan dengan Desa-desa yang lain.
Tarokan adalah nama Desa yang mempunyai sejarah unik dan menarik untuk diceritakan, menurut keterangan dari beberapa tokoh yang sudah lanjut usia dan keterangan dari Kepala Desa Tarokan tentang sejarah singkat Desa Tarokan ini, bahwa desa tarokan tidak langsung bernama TAROKAN.
Dahulu nama Desa Tarokan adalah Carokan, menurut sejarah yang didengar dari tokoh Masyarakat dan Kepala Desa bahwa asal mula Carokan itu diberi karena sering terjadi pertengkaran disana sini yang kemudian di akhiri dengan carok dengan menggunakan senjata tajam yang biasanya menggunakan celurit atau pedang dan di akhiri dengan luka atau bahkan dengan kematian.
Karena sering terjadi seperti itu maka lambat laun Desa ini dinamakan Carokan tempat Orang-orang Carok. Sifat-sifat orang di Desa ini sangat Kasar, bringas dan menganggap bahwa segala masalha dapat diakhiri dengan kekerasan baik masalha besar maupun masalh kecil.
Seiring dengan berjalannya waktu yang semakin berubah dan kemajuan zaman, maka dirubahlah Desa Carokan ini menjadi Desa Tarokan karena menurut orang-orang di Desa Carokan memberi kesan yang tidak baik. serta seakan akan mengingatkan kita tentang banyaknya peristiwa tragis dan menyedihkan.
Sampai saat ini Desa Tarokan menjadi Desa yang berkembang seiring dengan kemajuan Zaman terutama di bidang Agama, Pendidikan, Pengetahuan dan Teknologi Modern, maka tradisi yang muncul setiap tahun setelah Era perubahan terjadi yaitu Perubahan menghapus mitos carok yang berganti nama Tarokan..

0 komentar:

Posting Komentar