Selasa, 03 November 2015

Sejarah Desa Banyuanyar Tengah

Dari berbagai sumber yang telah ditelusuri dan di gali,asal usul Desa Banyuanyar Tengah telah memiliki banyak Versi cerita yang bervariatif, hal tersebut di sebabkan oleh banyaknya tempat yang di Keramatkan. Konon cerita tentang asal usul Desa Banyuanyar Tengah adalah Daerah Oedesaan yang subur, tumbuhan yang menghijau di atas tanah yang datar ditumbuhi pohon dan semak yang masih lebat, Hiduplah sekelompok Masyarakat Rukun dan Damai meskipun penduduk dalam Kehiupan Primitif, kemudian tokoh-tokoh atau sesepuh Desa dengan Gotong royong membabat Desa Banyuanyar Tengah yang masih ditumbuhi semak-semak belukar. pembabatan tersebut dibagi menjadi empat. tempat tersebut lalu di jadikan Dusun yang terdiri dari :
1. Dusun Pandi I : asal Usul Dusun tersebut di karenakan di Daerah tersebut banyak orang yang berprofesi sebagai Pandai Besi. Namun Pandai Besi tersebut tidak menurunkan kepandaiannya pada anak cucunya ehingga tidak ada penerus dari kepandaian nenek Moyangnya.
2. Dusun Pandi II : Nama Dusun Tersebut juga berasal dari seorang Pandai Besi yang mana anak dari sesepuh dari Pandai Besi di Blok Pandi I menikah dengan anak sesepuh dari Dusun Pandi II., yang awal mulanya Dusun tersebut belum mempunyai nama. Tokoh Panda Besi meneruskan kepandaian Orang tuanya dan banyak warga Dusun tersebut yang belajar sebagai Pandai Besi yang kemudian Dusunnya dinamakan Dusun Pandi II
3. Dusun Timbangan : Dusun ini disebut Dusun Timbangan karena Dusun tersebut dulu pada jaman Kolonial Belanda dijadikan sebagai tempat Penimbangan tebu, Sehingga sampai sekarang tanah yang dijadikan tempat Penimbangan Tebu,
4. Dusun Sekolahan : Dusun Sekolahan diambil dari Legenda yang mana di Dusun tersebut para Pemuka Dusun Merintis dan mendirikan tempat Belajar untuk menampung anal-anak di Desa Banyuanyar Tengah dan dari Desa - desa tetangga terdekat. Karena tempat Pendidikan sangat jarang dan jauh, di namakan Dusun Sekolahan karena Sekolahan/ tempat belajar yang pertama didirikan adalah di Dusun tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar