Senin, 02 November 2015

Sejarah Desa Liprak Kidul



 Pertama kali orang datang dari luar daerah yaitu dari suku Madura dan suku jawa itu sendiri.kian hari bertambah banyak, untuk berkomunikasi sangat sulit karna di lihat dari segi bahasanya sudah beda ,lama kelamaan mulai ada komunikasi dari suku madura dengan suku jawa, sehingga sampai sekarang bahasa jawa di Liprak Kidul  dengan bahasa madura aslinya banyak yang berbeda begitu juga dengan bahasa jawa. Banyak orang Liprak Kidul tidak mengerti dengan bahasa jawa asli.ini di sebabkan adanya perpaduan antara suku madura dengan suku jawa.
Kemudian desa tersebut sangat pesat perkembangan penduduknya.dengan perkembangan penduduk itu meraka kesulitan untuk makan, karna penduduk itu bermukim di tengah-tengah hutan belantara .penduduk membuat lahan baru dengan menebangi hutan untuk lahan pertanian dan sebagainya. Semua orang yang bekerja menebang hutan membawa bekal makanan yang di bungkus dengan daun  Aren muda. Dan aren muda itu di buat kerangka atau anyaman,  hasil anyaman itu lalu di isi beras yang sekarang di buat ketupat.sehingga sekelompok penduduk itu di beri julukan orang Liprak
Kata Liprak itu pertama kali ada di Liprak Wetan yang sekarang ini. Jadi Desa Liprak Wetan yang sekarang ini awal dari sejarah  Desa Liprak Kidul, dan Liprak Kulon . selanjutnya jumlah penduduk makin besar sehingga penduduk Liprak di pecah menjadi tiga bagian yaitu :

1.    Desa Liprak Wetan
2.    Desa Liprak Kulon
3.    Desa Liprak Kidul
Kemudian tiga nama Desa diatas di bentuk  sebuah pedesaan yang sampai sekarang berdiri dengan megah,

0 komentar:

Posting Komentar