Senin, 02 November 2015

Sejarah Desa Sentulan



Pada awalnya Desa Sentulan bukan merupakan sebuah Desa tapi merupakan sebuah BLOK BEREK SONGAI (artinya blok yang ada di barat sungai) karena pada waktu itu Desa Sentulan masih menjadi satu desa dengan Desa Gading yang jabatan kepala Desanya dijabat oleh seorang Bapak MURJANI.
Untuk memudahkan menangani atau menjalankan Pemerintahan Desa yang sangat luas maka Kepala Desa mengadakan pertemuan dengan para Perangkatnya. Dalam pertemuan tersebut memilih salah satu perangkatnya untuk menjalankan Pemerintahan di BLOK BEREK. Dalam pelaksanaan pemilihan itu tidak sama dengan apa yang sedang kita laksanakan sekarang ini,tetapi dengan dipilih langsung oleh Kepala Desa dengan cara di SENTUH .jadi siapa yang disentuh maka orang tersebut harus menjalankan pemerintahan di BLOK BEREK yang kebetulan disentuh pada waktu itu Bapak SALMAN yang menjabat sebagai Sekretaris desa Gading sehingga pak Salman dipanggil Pak Saman Sentuhan karena menjabat hasil dari di sentuh.
Pada akhirnya blok tersebut pecah dari Desa Gading dan menjalankan pemerintahan sendiri.Karena Pak Salman belum menjadi Kepala Desa yang dipilih masyarakat maka pada Tahun 1929 diadakan pemilihan Kepala Desa dan yang terpilih Bapak JAENA sampai dengan masa jabatan tahun 1940 pada pemerintahan Bapak Jaena diadakan penyempurnaan nama Desa menjadi DESA SENTULAN.

0 komentar:

Posting Komentar